Output Based Learning (OutBaL): A Complete Research Learning bagi Mahasiswa Kesehatan
	Heru Santoso Wahito Nugroho, Fajriansyah Fajriansyah, Wiwin Martiningsih, Sri Wayanti, Suparji Suparji, Ketut Sudiantara, Budi Joko Santosa, Sutio Rahardjo, Koekoeh Hardjito, M. Fadly Kaliky, Handoyo Handoyo, Hery Koesmantoro, Vincentius Supriyono, Tuhu Pinardi, Sunarto Sunarto, Bahtiar Bahtiar, Abd Rijali Lapodi
	
			
		Abstract
		
		Output Based Learning (OutBaL): A Complete Research Learning disusun sebagai inovasi pendekatan secara paripurna untuk pembelajaran penelitian, yakni tidak hanya berakhir sampai dengan laporan penelitian, namun dilanjutkan sampai terwujudnya luaran penelitian berupa publikasi ilmiah, seperti artikel jurnal, prosiding atau buku monograf. Dengan dipublikasikannya hasil penelitian mahasiswa, maka inovasi-inovasi yang ditemukan bisa dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat, baik untuk diterapkan maupun diteliti lebih lanjut. Pembelajaran tuntas hingga output seperti ini diharapkan juga memiliki dampak positif yang besar bagi perkembangan perguruan tinggi, baik dari segi kinerja mahasiswa maupun dosen.
Kata kunci: Output Based Learning (OutBaL); pembelajaran penelitian; mahasiswa kesehatan
		
		 
	
	
				
			
	
	
							
		
		DOI: 
http://dx.doi.org/10.33846/ghs7402																				
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
 
	
			
		Copyright (c) 2022 GLOBAL HEALTH SCIENCE
				
					

This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.