Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Metode Small Group Discussion untuk Meningkatkan Keterampilan dan Perilaku Siswi
Abstract
Sebagian besar remaja memiliki kompleksitas permasalahan mengenai kesehatan reproduksi salah satunya adalah kanker payudara. 30% penderita kanker payudara masih berusia muda. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan dengan metode Small Group Discussion untuk meningkatkan keterampilan dan perilaku SADARI. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Jumlah populasi 24 siswa diambil secara total sampling. Variabel independen adalah pendidikan kesehatan kesehatan dengan metode Small Group Discussion. Variabel dependen adalah keterampilan dan perilaku SADARI. Analisis data keterampilan dan perilaku menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kenaikan jumlah siswi yang melakukan keterampilan dan perilaku SADARI dengan nilai rata-rata pretest 44,5 dan posttest menjadi 98,3. Serta pendidikan kesehatan dengan metode Small Group Discussion efektif untuk meningkatkan keterampilan dan perilaku SADARI. Dapat disimpulkan pendidikan kesehatan dengan metode Small Group Discussion efektif untuk meningkatkan keterampilan dan perilaku SADARI. Dengan adanya penelitian ini siswi diharapkan tetap melakukan keterampilan dan perilaku SADARI dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: small group discussion; keterampilan; perilaku; SADARI
Kata kunci: small group discussion; keterampilan; perilaku; SADARI
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs7307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 GLOBAL HEALTH SCIENCE

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.