HUBUNGAN PERILAKU IBU DALAM PEMBERIAN STIMULUS DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN) DI DUSUN OLAS DESA LOKKI KECAMATAN HUAMUAL KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT PROPINSI MALUKU

Epi Dusra

Abstract


Perkembangan bahasa anak usia Toddler secara umum yaitu bahasa anak usia 1 – 3 tahun merupakan proses yang bersifat fisik dan psikis. Secara fisik kemampuan anak dalam memproduksi kata – kata ditandai oleh perkembangan bibir, lidah, dan gigi mereka yang sedang tumbuh. penelitian ini bertujuan untuk melihat hubangan perilaku ibu dalam pemberian stimulus dengan perkembangan bahasa anak usia Toddler (1-3 tahun), penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study sampel dalam penelitian ini ada 140 orang responden dengan metode Purposif sampling Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan lembar observasi untuk menilai Pengetahuan, sikap dan tindakan ibu dalam pemberian stimulus dengan perkembangan bahasa anak usia Toddler.
Hasil penelitian ini menunjukan perkembangan bahasa anak yang normal/sesuai (51,4%) dan yang mengalami keterlambatan bahasa (48,6%). Uji chi-squar memperlihatkan bahwa pengetahuan ibu tidak berhubungan secara signifikan dengan perkembangan bahasa anak dengan nilai (p = 0,256), sikap ibu berhubungan secara signifikan dengan perkembangan bahasa anak dengan nilai (p = 0.002), tindakan ibu tidak berhubungan secara signifikan dengan perkembangan bahasa anak nilai (p = 0,115) terhadap perkembangan bahasa anak usia Toddler (1-3 tahun).

Kata Kunci : perilaku, stimulus, perkembangan, bahasa, anak.

References


DAFTAR PUSTAKA

Alberi, P. I., Munafo, M. (2011). Psikologi Kesehatan. Palmal: Yogyakarta.

Azhim. (2007). Membimbing anak Terampil Berbahasa. Jakarta : Erlangga

Fida Dan Maya. (2012). Pengantar Ilmu Kesehatn Anak. Jogjakarta: D. Medika.

Fitrianti, D., Indumiasih,. Nursanti, I., Dan Prayogi, SA. (2011). Hubungan Antara Pola Asuh ibu Dengan Perkembangan Bahasa Anak Toddler. 2 (1). 16-25.

Hansen, C.C & Zambo, D. (2010). Loving and learning with Wimberly and david. Fostering emotional development in early childhoodeduc ation. Early Childhood Education Journal. 34(4), 273-278.

Kementrian pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak. (2011).Jumlah Anak Usia Dini (0-6 tahun). diunduh pada 3 agustus 2015.

Kristianasari.W.(2011). Asuhan Keperawatan Neonates Dan Anak. Yogyakarta: Nuha Medika.

Lukaningsih, Z. L. (2011). Psikologi Kesehatan Nuha MedikaYogyakarta.

Morrisan. (2010). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja rosda karya

Putrid, P.K.D. (2011). Pengaruh Tingkatan Pendidikan Pengetahuan Dan Sikap Dalam Msyarakat Terhadap Perilaku Anak. Jakarta.

Soetjiningsih. (2007). Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC.

Wong, D (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC




DOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v1i3.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.