ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS

hamka sangkala hamka

Abstract


ABSTRAK

Penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik secara berkala, perlu disusun indeks kepuasan masyarakat sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mutu pelayanan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada pelayanan kesehatan di Puskesmas Amahai dan mengetahui tingkat kinerja pelayanan di puskesmas Amahai. Jumlah responden (sampel) dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 responden dengan teknik Accidental Sampling (sampling kebetulan). Sedangkan Accidental Sampling pada penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke Puskesmas Amahai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Customer Satifaction Index (CSI). Hasil penelitian berdasarkan nilai IKM setelah dikonversi sebesar 68.75 yang berarti mutu pelayanan di Puskesmas Kecamatan AMAHAI bernilai “B”Tingkat kinerja pelayanan di puskesmas Amahai bernilai “B” dengan demikinan tingkat pelayanan baik.
Kata Kunci : Puskesmas, Kepuasan, Pelayanan Publik

References


Daftar Pustaka

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Trihono. 2005. Manajemen Puskesmas Berbasis Paradigma Sehat. Jakarta: CV Sagung Seto

Efendi, F. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas : Teori dan Praktek dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Supardi, 2005, Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, UII Press, Yogyakarta.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Penyusunan IKM Unit Pelayanan Instansi Pemerintah




DOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v1i2.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.