HUBUNGAN PENINGKATAN MUTU PUSKESMAS DENGAN KUNJUNGAN PASIEN DI PUSKESMAS PERAWATAN KAIRATU KECAMATAN KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Abdul Rizal, Hasna Tunny, Tanate Lely

Abstract


Puskesmas dituntut untuk lebih bermutu sesuai dengan masalah kesehatan masyarakat yang potensial berkembang di wilayah kerjanya masng-masing. Mutu merupakan gambaran dan karakteristik menyeluruh dari barang atau jasa yang menunjukan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan pelanggan baik berupa kebutuhan yang dinyatakan maupun kebutuhan yang tersirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peningkatan mutu puskesmas dengan kunjungan pasien di Puskesmas Perawatan Kairatu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan potong lintang, metode penarikan sampel adalah accidental sampling. Sampel adalah pasien rawat inap Puskesmas Perawatan Kairatu yang berjumlag 40 orang. Hasil penelitian menunjukan bawah ada hubungan antara kelima dimensi mutu/kualitas pelayanan kesehatan dengan kunjungan pasien yaitu wujud nyata p=0,000, keandalan p=0,004, ketanggapan p=0,000, jaminan kepastian p=0,002, dan empati p=0,001. Melalui penelitian ini Puskesmas Perawatan Kairatu perlu lebih meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap pasien yang datang berobat di ruang perawatan rawat inap dengan memberi pelayanan secara tepat, cepat dan dapat dipercaya serta bersikap baik kepada semua pasien.



DOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v2iHKN.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.