HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN METAKOGNITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR DI AKBID UMMI KHASANAH
Abstract
Manusia sebagai organisme yang memiliki dorongan untuk berkembang. Perkembangan tersebut membantu pembentukan pandangan dan perasaaan terhadap kemampuan dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui hubungan konsep diri dengan prestasi belajar, 2) mengetahui hubungan metakognitif dengan prestasi belajar, 3) mengetahui hubungan konsep diri dan metakognitif dengan prestasi belajar. Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah adalah mahasiswa DIII Kebidanan Akbid Ummi Khasanah Bantul Yogyakarta dan sampel penelitian adalah mahasiswa semester II yang berjumlah 40 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan nilai UTS mata kuliah Askeb I. Analisa data menggunakan Kendall Tau dan Regresi Logistik Ordinal. Ada hubungan signifikan konsep diri dengan prestasi belajar, diperoleh nilai sig. (2 tailed)<0,05 yaitu 0,000<0,05. Ada hubungan signifikan metakognitif dengan prestasi belajar, diperoleh nilai sig. (2 tailed)<0,05 yaitu 0,000<0,05. Ada hubungan positif dan signifikan konsep diri dan metakognitif secara bersama-sama dengan prestasi belajar, diperoleh nilai sig.<0,05 dan estimasi bernilai positif.
Kata Kunci: Konsep Diri, Metakognitif, Prestasi belajar
Kata Kunci: Konsep Diri, Metakognitif, Prestasi belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v2i3.146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.