PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP LOYALITAS KUNJUNGAN BEROBAT PASIEN RAWAT INAP PADA INSTALASI RAWAT INAPANAK DI RSU HIDAYAH DELITUA 2017

Mhd Nurhidayat, Asyiah Simanjorang, Jamaluddin Jamaluddin

Abstract


Rumah Sakit Umum Hidayah Delitua merupakan rumah sakit swasta di kota Delitua yang berfungsi melayani kesehatan masyarakat. Mutu pelayanan RSU Hidayah Delitua masih belum maksimal sehingga menyebabkan loyalitas kunjungan berobat pasien rawat inap anak juga berkurang.Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahuipengaruh kualitaspelayanan yang meliputi 5 indikator yakni buktilangsung, daya tanggap, reliabilitas, jaminandan kepedulianterhadap loyalitas pasien berobat berobat pada instalasi rawat inap RumahSakit Hidayah Delitua.Jenis penelitian yang digunakan penelitian surveidengan menggunakanpendekatan explanatory. Sampel penelitian ini keluarga pasien rawat inap anak. Penentuan sampel menggunakan metode total sampling sehingga ada sebanyak 74 orang sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji regresi logistik untuk mengetahui variabel paling berpengaruh terhadap loyalitas pasien berobat. Faktor paling dominan mempengaruhi loyalitas pasien berobat pada Rumah Sakit Umum Hidayah Delitua adalah bukti fisik dan jaminan. Hal ini diindikasikan oleh nilai Exp (B) tertinggi yang dihasilkan oleh bukti fisik, yakni sebesar 8.498 disusul oleh variabel jaminan dengan nilai Exp (B) 7.750.Faktor paling dominan mempengaruhi loyalitas pasien berobat pada Rumah Sakit Umum Hidayah Delitua adalah bukti fisik dan jaminan
Kata kunci: Mutu pelayanan, Loyalitas kunjungan berobat, Pasien rawat inap anak

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs4310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.