KEEFEKTIFAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN DUKUN DALAM PIJAT BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BABADAN KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2018

Sundari Sundari

Abstract


Kebiasaan pijat bayi dimasyarakat Indonesia sudah dikenal sejak lama, bahkan sampai saat ini masih banyak dilakukan oleh dukun. Hal ini dikarenakan mereka lebih terampil dalam melakukannya karena pengalamannya terdahulu, tetapi pijat bayi yang dipelajari diajarkan secara turun-temurun oleh dukun bayi sehingga mereka tidak mengetahui bagaimana pijat bayi yang benar sesuai dengan teori. Karena minimnya pengetahuan yang dimilki oleh dukun, kita sebagai tenaga kesehatan dapat memberikan pendidikan kesehatan tentang pijat bayi dengan menggunakan metode demonstrasi karena keterampilan seseorang dapat diasah melalui pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode demonstrasi terhadap keterampilan dukun dalam pijat bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Babadan Kabupten Ponorogo Tahun 2018. Desain penelitian ini adalah pre eksperimen, dengan pendekatan pre test dan post test tanpa adanya kelompok control, Sampel sebanyak 15 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data melalui wawancara dan lembar observasi menggunakan cheklist. Analisis data menggunakan alat uji statistik t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode demonstrasi keterampilan dukun dalam pijat bayi dengan kriteria kurang terampil 12 responden (80%) dan 3 responden (20%) dengan kriteria cukup terampil. Sedangkan sesudah pendidikan kesehatan diperoleh keterampilan dukun dalam pijat bayi dengan kriteria terampil 10 responden (66,66%), cukup terampil 4 responden (26,67%) dan kurang terampil 1 responden (6,67%). Dari hasil perhitungan t-test didapatkan t hitung (13,298) > t tabel (2,145) dengan taraf kesalahan 5% maka pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode demonstrasi efektif terhadap keterampilan dukun dalam pijat bayi. Sehingga metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan kesehatan dan diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan perpaduan metode dengan media serta kerjasama dengan pelayanan kesehatan untuk peningkatan penyuluhan.
Kata kunci: Pendidikan kesehatan, Demonstrasi, Keterampilan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.