Pengaruh Individual Competence Framework Terhadap Tingkat Literasi Media pada Kalangan Pelajar SMA Negeri 2 Ambon

Yuniar Sakinah Waliulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman literasi media pengguna media social berdasarkan individual competence framework padasiswa-siswi SMA Negeri 2 Ambon. Metode penelitian yang digunakan adalah paradigma penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya yang berpedoman pada kerangka individual competence framework dari Europian Commision. Penelitian ini melibatkan 92 responden penelitian dari siswa-siswi SMA Negeri 2 Ambon. Individual competence siswa-siswi dalam menggunakan dan memanfaatkan media sosial berada pada kategori medium, dengan rincian sebagai berikut: use skill berada pada kategori advance, critical understanding berada pada kategori medium, communicative abilities berada pada kategori medium. Kategori medium berarti siswa-siswi sudah cukup aktif dalam penggunaan media sosial, mereka juga cukup sadar dan tertarik dalam berbagai regulasi yang mempengaruhi penggunaan media digital. Responden telah cukup memiliki pengetahuan yang tentang teknik dan bahasa serta dapat melakukan hubungan komunikasi dan penciptaan pesan dengan cukup baik.
Kata kunci: literasi media digital; siswa-siswi; media sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.