Eudaimonia sebagai Gratifikasi Penggunaan Media Sosial
Abstract
Asumsi teoretis Teori Uses and Gratification adalah bahwa khalayak memilih media untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk mendapatkan gratifikasi. Untuk mendapatkan gratifikasi ini khalayak aktif menginterpretasi dan mengintegrasikan media dalam kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan asumsi teoretis tersebut dan menemukan bentuk gratifikasi yang didapatkan khalayak pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan metode Slovin untuk penentuan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gratifiakasi yang didapatkan oleh khalayak adalah dalam bentuk Eudaimonia. Eudaimonia ini dapat memenuhi kebutuhan kognitif, afektif dan integrasi sosial khalayak.
Kata kunci: gratifikasi media; kebutuhan kognitif; afektif dan integrasi sosial
Kata kunci: gratifikasi media; kebutuhan kognitif; afektif dan integrasi sosial
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.