FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU IBU DALAM MENGIKUTI PROGRAM KELAS IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LONGKIB KOTA SUBULUSSALAM TAHUN 2018
Abstract
Berdasarkan data Provinsi Aceh menunjukkan bahwa jumlah kematian ibu pada tahun 2015 yang dikeluarkan adalah 134 ibu dari perhitungan AKI di Aceh pada 134/100.000 kelahiran hidup. Ketika lahir pada tahun 2014, terjadi penurunan jumlah 149/100.000 kelahiran hidup menjadi 134 kematian / 100.000 kelahiran hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu dalam mengikuti program kelas ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Longkib Kota Subulussalam pada tahun 2018. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah metode campuran dengan populasi 72 orang dan sampel diambil dengan teknik total sampling. Metode pengumpulan data adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah regresi logistic linier berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengetahuan memiliki nilai sig-p 0,020<0,05, sikap memiliki nilai sig-p 0,038<0,05 dan lokasi memiliki nilai sig-p 0,045<0,05, terdapat pengaruh pada kelas program ibu hamil. Dukungan keluarga memilki nilai sig-p 0,074 > 0,05, peran petugas kesehatan memiliki nilai sig-p 0,667>0,05 dan fasilitas kesehatan dengan nilai sig-p 0,371>0,05 yang berarti tidak ada pengaruh dengan program kelas ibu hamil. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pengetahuan, sikap, tindakan, dan lokasi kelas ibu hamil, sedangkan keluarga, peran petugas keseahtan dan kesehatan tidak berpengaruh pada program kelas ibu hamil. Diharapkan penelitian ini dapat mendorong wanita hamil di Puskesmas Longkib untuk lebih aktif terlibat dalam pelajaran tentang pentingnya menerapkan kelas wanita hamil.
Kata kunci: Perilaku, Kelas wanita hamil, Faktor, Sikap, Pengaruh
Kata kunci: Perilaku, Kelas wanita hamil, Faktor, Sikap, Pengaruh
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs4411
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.