HUBUNGAN WAKTU PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN DENGAN KEPUASAN PASIEN POLIKLINIK DI PUSKESMAS PULUNG PONOROGO
Abstract
Desain penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Sampel penelitian adalah 129 pasien. Analisis data yang digunakan analisis spearman rank.
Hasil waktu pelayanan yang tidak sesuai standar adalah 26,36 % dan untuk tingkat kepuasan pasien poliklinik adalah 50,39 % puas, 39,53% cukup puas, 4,65 % kurang puas, 3,88 % tidak puas dan 1,55% sangat puas. Hasil uji spearman rank diperoleh nilai ρ value < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan ada hubungan waktu pelayanan di tempat pendaftaran dengan kepuasan pasien poliklinik di Puskesmas Pulung Ponorogo.
References
Alamsyah, Dedi. 2012. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Mutia Medika.
Budi, Savitri Citra. 2011. Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Medis.
Bustomi. 2012. Manajemen Pelayanan Kesehatan Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan. Erlangga.
Habibi, Mustainul. 2012. Hubungan Waktu Pelayanan Rekam Medis di TPPRJ dengan Kepuasan Pasien Poliklinik Bedah di Rumah Sakit Umum Dr. Syaiful Anwar Malang Tahun 2012. Skripsi Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Herlambang, Susatyo. 2016. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.377/Menkes/SK/III/2007 tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia NOMOR:129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumas Sakit.
Notoadmojo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis.
Pohan, Imbalo. 2017. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC.
Sabarguna. 2004. Sistem Bantu Keputusan untuk Quality Assurance Rumas Sakit. Jogjakarta
Satrianegara, Faiz. 2014. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Saryono. 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jogjakarta: Mitra Cendika Press.
Sumi, Aisyah Fita. 2016. Pengaruh Waktu Tunggu pasien di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasin di RSUD Dr. R.M Djoelham Binjai Tahun 2016. KTI APKES Imelda. Medan.
Syarifudin. 2010. Panduan TA Keperawatan dan Kebidanan dengan SPSS. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Undang-undang Repulik Indonesia Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.
DOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v1i1.264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.