Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Usia < 20 tahun Tentang Pengetahuan Ibu Dalam Merawat Bayi Di Puskesmas Gunung Lingkas dan Puskesmas Juata Laut Kota Tarakan

Yuni Retnowati

Abstract


Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media leaflet terhadap pengetahuan ibu hamil usia < 20 tahun tentang pengetahuan ibu dalam merawat bayi di Pusksmas Gunung Lingkas dan Puskesmas Juata Laut Kota Tarakan Tahun 2016. Pendidikan kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan. Leaflet adalah lembaran kertas berukuran kecil mengandung pesan cetak untuk disebarkan kepada masyarakat umum sebagai informasi mengenai suatu hal atau peristiwa yang ingin disampaikan. Dengan pemberian pendidikan kesehatan dengan media leaflet, maka diharapkan ibu hamil usia < 20 tahun dapat memperoleh pengetahuan dalam merawat bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media leaflet terhadap pengetahuan ibu hamil usia < 20 tahun terhadap pengetahuan ibu dalam merawat bayi di Puskesmas Gunung Lingkas dan Juata Laut Kota Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian Preeksperimental dengan menggunakan desain One Shot Case Study. Besar sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 20 responden, dengan 10 responden di wilayah kerja Puskesmas Gunung Lingkas dan 10 responden di Puskesmas Juata Laut, dengan pengambilan sampel secara Simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner yang meliputi 20 pertanyaan pengetahuan. Hasil analisis statistik pengaruh pendidikan kesehatan dengan media leaflet terhadap pengetahuan ibu hamil usia < 20 tahun dalam perawatan bayi yaitu nilai U tabel > U hitung yang berarti 19 > 15. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media leaflet terhadap pengetahuan ibu hamil usia < 20 tahun tentang pengetahuan ibu dalam merawat bayi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media leaflet terhadap pengetahuan ibu dalam merawat bayi. Semakin banyak kita memberikan pendidikan kesehatan maka akan semakin baik tingkat pengetahuan ibu.

References


United Nations Children’s Fund (UNICEF). The State of the World’s Children 2014 in Numbers: every child counts. USA: United Nations Children’s Fund, 2014.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2014.

Wong, D.L., Eaton, M.H., Wilson, D., DKK. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong Ed. 6 Vol. 1. Jakarta: EGC, 2009.

Meadow, S.R., & Newell, S.J. Lecture Notes Pediatrika Ed 7. Jakarta: Erlangga, 2009.

Friedman, M.N.F., Bowden, V.R., & Jones, E.G. Buku Ajar Keperawatan Keluarga: riset, teori, & praktik Edisi 5. Jakarta: EGC, 2013.

Siswanto, H. Pendidikan Kesehatan Anak Usia Dini. Yogyakarta:; Pustaka Rihama, 2010.

Bloomfield, L., Kendall, S., Applin, L., dkk. “A Qualitative Study Exploring the Experiences and Views of Mothers, Health Visitors and Family Support Center Workers on the Challenges and Difficulties of Parenting”. Health and Social Care in the Community, vol 13 no 1 (2005), 46-46.

Mashal, T., Takano, T., Nakamura, K., dkk. “Factors Associated with the Health and Nutritional Status of Children under 5 Years of Age in Afganistan: family behaviour related to women and past experience of war-related hardships”. BioMed Central Public Health, vol 8 (2008), h. 1-13.

Nursalam, Susilaningrum, R., & Utami, S. Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (untuk perawat dan bidan). Jakarta: Salemba Medika, 2005.

Sondakh, N. (2009). Pemeriksaan Antenatal Ibu Hamil, Salemba Medika, Jakarta.

Hidayat, A.A.A. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak I. Jakarta: Salemba Medika, 2008.

Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta, 2007

Notoatmodjo, S. 2003. Prinsip-prinsip dasar dan ilmu kesehatan masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman SkripsimTesis Dan Instrumen Penelitian. Jakarta: Salemba Medika.

I Wayan Santyasa. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Disajikan dalam workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan, Pada tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung.

Departemen Kesehatan RI, Pusat Promosi Kesehatan. 2008. Pedoman Pengelolaan Promosi Kesehatan, Dalam Pencapaian PHBS, Jakarta

Pusatbahasa.kemdiknas.go.id

Bobak, i,m., Lowdermik, D.L., Jensen, M.D., dkk. Buku Ajar Keperawatan Maternitas Edisi 4. Jakarta: EGC, 2005.

Onggo, Tri, Puspito, Ira. Kitab Kehamilan & Persalinan. Yogyakarta: Mitra Buku; 2012: 385

Putra, S.R. Asuhan Neonatus: bayi dan balita untuk keperawatan dan kebidanan. Jogjakarta: D-Medika, 2012.

Pujiriyanto, 2005. Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer). Cetakan Pertama. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Notoatmodjo, Soekidjo, 1993. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Prinsip-prinsip Dasar. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Sunaryo, Psikologi untuk Keperawatan, Jakarta: EGC, 2004

Manuaba, I.C., Manuaba, I.B.F., & Manuaba, I.B.G. (2009). Buku Ajar Patologi Obstetri, EGC, Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. (2003) Pedoman Pelayanan Antenatal di Tingkat Pelayanan Dasar, Depkes RI, Jakarta.

Manuaba, I.B.G., Manuaba, I.A.C., & Manuaba, I.B.G.F. Pengantar Kuliah Obstetri. Jakarta: EGC, 2007.

Brooken, C. 2008. Ensiklopedi Keperawatan. Jakarta: EGC

Dinkes Indonesia. 2007. Profil Kesehatan Indonesia 2007. Jakarta: Dinkes Indonesia

BKKBN. 2008. Pendewasaan Usia Perkawinan dan Hak-Hak Reproduksi Bagi Remaja Indonesia. Jakarta: BKKBN




DOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v1i3.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.