EFEKTIVITAS HEALTH EDUCATION TENTANG SADARI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWI MAN SERAM BAGIAN BARAT
Abstract
Kanker payudara di Indonesia merupakan kanker kedua paling banyak diderita kaum wanita setelah kanker leher rahim (Mardiana, 2009). World Health Organization (WHO) mengatakan angka kejadian kanker di Indonesia yang paling tinggi dari semua kejadian kanker pada wanita yaitu kanker payudara yang mencapai 48.998 kasus. Salah satu faktor tingginya angka kejadian kanker payudara adalah kurangnya edukasi kanker payudara sejak dini dalam mendeteksi dan menangani kanker payudara secara dini yaitu dengan cara SADARI (Frida, 2012). Salah satu cara memberikan informasi tentang SADARI kepada siswi yaitu dengan cara health education, melalui program health education diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswi tentang SADARI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas health education tentang sadari dengan media audio visual terhadap tingkat pengetahuan siswi MAN Seram Bagian Barat. Rancangan penelitian menggunakan Quasy Eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest with control group design. Besar sampel 29 orang per group. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan uji wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi pengetahuan (p=0,000). Hasil : ada perbedaan rerata tingkat pengetahuan tentang SADARI pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kesimpulan : health education tentang SADARI dengan Media Audio Visual efektif terhadap tingkat pengetahuan siswi MAN Seram Bagian Barat.
Kata kunci: Health education, Media audio visual, SADARI, Pengetahuan
Kata kunci: Health education, Media audio visual, SADARI, Pengetahuan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33846/ghs.v3i4.302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.